Rabu, 13 Oktober 2010

Budaya Barat Merusak Akhlak Masyarakat Timur ?

Perkembangan zaman dalam sebuah era Globalisasi amatlah pesatnya membuat kita takjub dengan semua jenis penemuan baru dalam bidang. Penemuan baru yang lebih banyak didominasi oleh negara-negara di belahan bumi bagian Barat tersebut dapat kita saksikan melalui berbagai macam jenis media, diantaranya, layar Televisi, koran, Internet dll, yang sering kali membuat kita takjub sebagai orang Indonesia yang hanya bisa menikmati dan memakai penemuan orang-orang Barat tersebut.

Sebenarnya kita dapat mengambil nilai-nilai positif dari penemuan baru tersebut, namun sayang nya banyak diantara masyarakat kita yang salah menggunakan pembaruaan yang ada. Kebanyakan mereka justru melihat dan mencontoh hal-hal yang bersifat negative untuk hitungan bangasa atau Negara rumpun timur, yang sebetulnya jika di dalam budaya barat sendiri budaya itu sah-sah saja, tidak melanggar norma apa pun.

Kebiasaan masyarakat Barat yang telah membudaya dan menjangkiti tersebut dapat kita saksikan setiap hari melalui berbagai media, yang parahnya budaya orang-orang Barat tersebut yang sifatnya negatif dan dapat merusak serta melanggar norma-norma budaya ke-Timuran. Sehingga dapat dengan mudah ditiru oleh masyarakat kita terutama para remaja yang menginginkan kebebasan seperti masyarakat Barat. Budaya-budaya Barat tersebut dapat kita mulai dari pakaian dan mode, musik, film sampai pada pergaulan dengan lawan jenis.

Pakaian dan mode seperti model pakaian remaja wanita ‘U can See’ yang diaplikasikan oleh orang Barat dan ditiru oleh kaum remaja kita terutama oleh kaum perempuan yang merasa bangga dengan pakaiannya sehingga tidak menutup auratnya. Padahal dalam agama yang berlaku di Negara kita atau pun norma-norma social yang berlaku dalam masyarakat Indonesia, menggunakan pakaian yg membuka aurat adalah sebuah kesalahan, dulu ketika saya kecil saya jarang sekali melihat kakak-kakak angkatan di sekolah SMP/SMA yang menggunakan rok sekolah di atas lutu, karena merasa malu jika aurat nya terbuka, apalagi sampai terlihat lawan jenis, tapi banyak fakta yang menyebutkan kalau sekarang menggunakan pakaian minim adalah kewajiban bahkan samapai dilingkungan untuk menuntut ilmu.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

emang bener ko :)

Himawan Pramono © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute