Nostalgia dan Retorika
Desainer menggunakan berbagai metode untuk menyampaikan
makna, sering menekankan kepada norma norma budaya yang berlaku, nilai-nilai,
sejarah dan bahasa. Penggunaan tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung
atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu adalah contoh dari
penggunaan nostalgia dan retorika.
NOSTALGIA
Nostalgia adalah
kerinduan untuk situasi masa lalu, untuk membawa perasaan bahwa hal-hal
ini lebih baik dari hari ini. Orang orang akan merasa nyaman setelah mereka
terbiasa dan menjadi akrab, dan desainer menggunakan nostalgia untuk membuat,
mentransfer dan menanamkan asosiasi positive dari masa lalu ke dalam desain
produk nya hari ini. Misalkan, iklan untuk perusahaan roti Hovis, menggunakan
nostalgia melalui gambar dari tukang roti kecil di jalan-jalan untuk menanamkan
nilai tradisi, kualitas dan kehandalan kota kecil menjadi dapat di produksi
masal dengan menggunakan mesin pabrik.
Sebagai konsumen, kita sering
mencari nilai tradisonal yang kuat, namun
kita juga mengharapkan kebersihan dan kenyamanan seperti yang disediakan
dunia modern.
RETORIKA
Retorika
adalah seni menggunakan bahasa secara efektif untuk membujuk penonton. Ini berasal
dari ahli pidato Yunani yan berarti “Seni orator”. Kemampuan untuk berbicara
atau komunikatif dengan baik adalah menggunakan bahasa secara tepat, kelas dan
dengan cara yang mudah dicerna penonton terkadanglebih penting untuk
memenangkan argumen saat berdiskusi.
Dengan
mengingat sifat persuasif retorika, desainer
dapat menyusun desain dengan mengontrol penyajian informasi sehingga beruang pun menjadi lebis berat, dampak dan
unsur kepercayaan. Bagaimana informasi
yang disajikan lebih meyakinkan daripada fakta-fakta yang ada.
NILAI
Set keyakinan dikumpulkan dipegang oleh individu atau
kelompok sosial dimanaada investasi emosional. Nilai sangat berdbeda dari orang
ke orang dan dari kelompok ke kelompok dan dapat menjurus kepada perpecahan
sengit ketika mereka terjadi konflik.
A Tale of 12 Kitchens
A tale of kitchens adalah buku memasak
tulisan, foto, desain dan tipe dibuat oleh Jake Tilson. Pengarang. Gaya
electric penulis mengacu pada nostalgia dan retorika sehari-hari. Desainnya
membawa visi yang baru untuk konteks makanan. Cara itu tumbuh, dikemas, dibeli
dan dimasak untuk membangkitkan kenangan kuat dan emosi. Sebagai
contoh,ilustrasi dari tabung Marmite adalah referensi nostalgia masa
kanak-kanak, seperti citra tag kantong plastik roti. Buku ini juga diselingi
dengan komentar dalam ukuran tipe besar, yang bertindak sebagai bagian jeda.
Halaman
64-65
0 komentar:
Posting Komentar