Selasa, 11 Januari 2011

TENGGANG RASA SALAH SATU PEMERSATU BANGSA

Perbedaan status sosial dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat tidak mungkin bisa di pungkiri dalam kehidupan sehari-hari, kontrasnya gaya hidup antara si kaya dan si miskin, si pintar dan si bodoh, si pemilik kekuasaan dan masyarakat biasa.
Ketimpangan seperti itu memang sangat jelas terlihat dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contoh dari si kaya dan si miskin, setiap hari mereka pergi dan pulang sekolah atau berkerja menggunakan kendaraan mewah, tidak kepanasan, tidak kehujanan, sedangkan jika kita lihat mereka yang kurang mampu, berangkat sekolah / bekerja, mereka harus menggunakan kendaraan atau angkutan umum, atau bahkan mereka terkadang jalan kaki, meskipun jarak rumah dengan tempat tujuan sangat jauh. Saat makan siang di restoran2 mahal di kota banyak sekali yang dalam satu porsi tidak di habiskan oleh pemesannya, padahal harus mengeluarkan biaya yg lumayan banyak, tapi lihat mereka yg kurang mampu, kadang mereka hanya dapat menahan rasa lapar.
Sipemilik kekuasaan selalu setiap hari memerintah bawahan kadang dengan kata yang kasar, dan sekuluarnya dari dalam mulut, atau kadang pemangku kekuasaan di Negara kita saat melintas di jalan umum harus dikawal dengan beberapa motor dan mobil, dan tentu saja mereka menghentikan laju kendaraan lainnya. Terkadang merugikan pengguna jalan lain karena waktu mereka lumayan tersita saat iring-iringan kendaraan tersebut melintas. Bahkan bukan cumin waktu, pernah kejadian kecelakaan di tol jagorawi. Sedangkan mereka yang di bawah tidak bias berbuat apa2 kalau sudah begini.
Namun kita ini bangsa dari berbagai jenis suku, agama, dan ras. Kita harus memiliki rasa tenggang rasa sesame untuk tetap menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai ini. Andai rasa tenggang rasa mengalahkan rasa egois dan arogan masyarakat kita sudah pasti kita tidak akan nyaman tinggal di Negara ini. Namun memang kebanyakan mereka yg merasa berada di atas pasti memiliki sifat arogan terhadap mereka yg di pandang di bawah.

SEMOGA BANGSA INI BISA BANGKIT PADA WAKTUNYA NANTI.

0 komentar:

Himawan Pramono © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute